Selamat datang dan selamat menikmati.

Senin, 01 Oktober 2012

TRANSMISI MANUAL


Bagaimanapun juga kendaraan memerlukan momen yang besar untuk mulai berjalan atau menempuh jalan yang mendaki seperti pada gambar di bawah ini. Untuk jalan yang mendaki roda penggerak memerlukan tenaga yang lebih besar sehingga harus memiliki beberapa mekanisme perubahan momen. Untuk dapat melakukan hal ini dibutuhkan transmisi pada kendaraan bermotor (mobil). Transmisi diletakkan di belakang Kopling sebelum Poros Propeler

KOMPONEN UTAMA TRANSMISI DAN FUNGSINYA


No
Komponen
Fungsi
1
Transmission input shaft
Poros input transmisi
Sebuah poros diopersikan dengan kopling yang memutar gigi di dalam gear box
2
Transmission gear
Gigi transmisi
Untuk mengubah output gaya torsi yang meninggalkan transmisi
3
Shift fork
Garpu pemindah
Komponen yang memungkinkan pemindahan gigi pada saat mesin bekerja/hidup
4
Shift lingkage
Tuas penghubug
Batang untuk memindah gigi atau synchronizer pada porosnya seshingga memungkinkan gigi untuk dipasang /dipindah
5
Gear shift lever
Tuas pemindah perseneling
Batang/tuas yang menghubungkan tuas perseneling dengan shift fork
6
Transmission case
Bak transmisi
Tuas yang memungkinkan sopir memindah gigi transmisi
7
Output shaft
Poros output
Sebagai dudukan bearing transmisi dan poros-poros serta sebagai wadah oli/minyak transmisi
8
Bearing
Bantalan/laker
Mengurangi gesekan antara permukaan benda yang berputar di dalam sistem transmisi.
9
Extension housing
Pemanjangan bak
Melingkupi poros output transmisi dan menahan seal belakang. Juga menyokong poros output.

Sumber : Direktorat Pendidikan menegah Kejuruan, Depdiknas, 2004